Panduan Lengkap Membuat Blog dengan WordPress

Come on we start to learn

Panduan Lengkap Membuat Blog dengan WordPress

Panduan Lengkap Membuat Blog dengan WordPress
Panduan Lengkap Membuat Blog dengan WordPress
Blog dengan WordPress

Panduan Lengkap Membuat Blog dengan WordPress

Apakah Anda tertarik untuk membuat sebuah website? Kini saatnya Anda mencoba menemukan sebuah platform terbaik yang nantinya akan membantu Anda untuk bisa mengoptimasi website tersebut sehingga bisa muncul pada halaman pertama mesin pencarian. Salah satu platform terbaik yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah WordPress. Oleh sebab itu kini saatnya Anda tahu mengenai panduan membuat blog WordPress.

WordPress, platform populer untuk jadikan pilihan

WordPress dikenal sebagai salah satu platform terbaik untuk membangun sebuah website. Bahkan lebih dari 30% website yang ada di dunia menggunakan plafon tersebut. Hal ini tidak lain disebabkan karena kemudahan fitur yang dimilikinya.

Bahkan beberapa Blog pribadi hingga blog perusahaan yang terkenal seperti halnya the New York times Company juga Sony Music. Mengingat popularitas WordPress tersebut, kini saatnya Anda belajar tentang panduan membuat blog WordPress.

Antara WordPress.org dengan WordPress.com

Sebelum lebih jauh belajar mengenai panduan membuat blog WordPress, kini saatnya Anda harus mengenal perbedaan antara WordPress.com dan juga WordPress.org. Ketika Anda memutuskan untuk memanfaatkan WordPress.com sebagai platform nantinya Anda tidak perlu mengeluarkan uang karena untuk domain dan hosting sudah disediakan dari WordPress telah disediakan secara gratis.

Sayangnya, beberapa fasilitas tersebut ternyata bersifat terbatas. Hal ini bisa diketahui dengan adanya perubahan domain yang disesuaikan dengan keinginan. Hal semacam ini nantinya akan dipelajari di dalam panduan membuat blog WordPress.

Berbeda dari versi sebelumnya, untuk WordPress.org ternyata memberikan suatu keleluasaan atas berbagai fitur yang dimiliki. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah dengan mengubah nama domain sesuai dengan keinginan tanpa adanya embel-embel WordPress diakhir.

Keuntungan lain yang didapatkan dengan pemanfaatan platform ini adalah kemudahan untuk menentukan adanya kapasitas penyimpanan, memasang plugin, memasang berbagai iklan adsense hingga menginstal berbagai tema.

Langkah mudah membuat website WordPress

Jika Anda tertarik ingin belajar membuat website WordPress, Berikut ini adalah beberapa panduan membuat blog WordPress yang akan bisa dimonetisasi untuk menghasilkan keuntungan.

  1. Cara menginstal WordPress
    Dalam panduan membuat blog WordPress, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menginstal WordPress. Untuk menginstal WordPress bisa dilakukan dengan sangat mudah melalui fitur auto install pada website WordPress yang ditawarkan oleh niagahoster. Terangkan cara lain yang bisa dilakukan untuk menginstal WordPress adalah sebagai berikut.
  2. Lakukan login pada member area pada pojok kanan
  3. Pilihlah menu hosting serta domain
  4. Pilihlah hosting yang nantinya ingin Anda install pada WordPress
  5. Pilih menu install website untuk menginstal WordPress pada akun hosting secara otomatis
  6. Pilih install
  7. Lakukan pengisian data seperti nama domain judul website admin user dan lain sebagainya lalu pilih install
  8. Mengelola Dashboard WordPress
    Mengelola dashboard pada WordPress dengan melakukan perubahan pada tema, plugin, penerbit kan blogspot sekaligus menambah halaman. Hal ini dilakukan dengan memasukkan password sekaligus di username pada halaman WordPress.
  9. Memasang Tema WordPress
    Memasang tema pada WordPress dilakukan melalui menu appearance. Untuk bisa memasang tema, Anda bisa mengunduh melalui menu upload theme.
  10. Install Plugin
    Lakukan penginstalan plugin yang nantinya akan memaksimalkan kinerja dari proses. Disini Anda bisa memilih plugin yang nantinya akan di-install pada WordPress. Beberapa keterangan tersedia pada WordPress di antaranya adalah Google XML sitemaps, yoast SEO dan contact form 7.
  11. Cara Posting Artikel
    Melakukan posting artikel pada website bisa dilakukan dengan memilih Tombol add new selanjutnya new post pada toolbar. Selanjutnya akan muncul menu editor blog post yang dilengkapi dengan berbagai fitur. Ketik judul artikel dan juga konten yang akan Anda tulis. Jika sudah selesai, Anda bisa memilih tombol publish. Jangan lupa Untuk memanfaatkan beberapa fitur lain seperti halnya tags juga featured image yang akan menambahkan gambar pada artikel.
  12. Cara Membuat Halaman
    Cara membuat suatu halaman bisa dilakukan dengan memilih menu navigasi pada WordPress dengan mengklik tombol pages kemudian add new. Dengan cara ini nantinya Anda bisa melakukan perubahan atas urutan sebuah halaman. Selain itu, ada juga bisa menyatukan sejumlah halaman yang terdapat pada parent page.

Melakukan optimasi pada WordPress

Jika Anda telah memiliki website WordPress sekaligus juga berhasil dalam memposting berbagai konten, kini saatnya Anda mencoba untuk mengoptimalkan kinerja WordPress tersebut. Dalam panduan membuat blog WordPress, Anda akan belajar bagaimana sebuah website bisa muncul pada mesin pencarian di halaman pertama.

  1. Melakukan instalasi caching
    Jika di dalam panduan membuat blog WordPress Anda telah menginstal plugin SEO, kini saatnya Anda memasang plugin catching. Plugin ini nantinya akan digunakan untuk mempercepat loading suatu website.
  2. Melakukan optimasi permalink
    Dalam panduan membuat blog WordPress selanjutnya adalah melakukan optimasi permalink. Dalam hal ini, struktur permalink yang biasanya digunakan pada URL sangatlah panjang dan perlu disederhanakan dan terdiri dari judul atau pun juga keyword. Untuk menentukan permalink akan lebih mudah menggunakan post name.
    Untuk mengubah permalink bisa dilakukan dengan memanfaatkan menu pada WordPress. Dalam panduan membuat blog WordPress bisa dilakukan dengan memilih menu setting kemudian permalink. Selanjutnya Anda bisa memilih radio button yang dalam hal ini adalah post name dan pilih menu save changes.
  3. Melakukan optimasi pada gambar
    Dalam panduan membuat blog WordPress, Anda juga perlu melakukan optimasi pada gambar yang nantinya akan membuat sebuah website menjadi cepat untuk loading. Tindakan mengoptimasi pada gambar nantinya akan membuat ukuran gambar menjadi lebih kecil dengan kualitas yang tetap.
  4. Melakukan pengaktifan CDN
    CDN merupakan teknologi terbaru yang merupakan bentuk dari mirroring content pada situs web. Melalui pengaktifan CDN maka berbagai konten seperti halnya nya video, CSS, image, custom Script yang nantinya akan di mirror pada server cadangan di berbagai negara.

Mengamankan website WordPress

Untuk panduan membuat blog WordPress yang terakhir adalah mengamankan website WordPress. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya serangan dari virus Malware ataupun hacker.

  1. Lakukan update WordPress
    Disebutkan dalam panduan membuat blog WordPress bahwa tindakan mengupdate WordPress dilakukan untuk menghindari adanya bugs dari versi sebelumnya. Cara ini juga bisa dilakukan dengan mengunjungi halaman dashboard dan Anda akan mendapatkan pemberitahuan ketika ada versi terbaru.
  2. Melakukan update plugin
    Jangan lupa untuk melakukan update plugin yang nantinya akan membantu untuk meminimalisir resiko hacker ataupun blug. Pastikan untuk melakukan update login Setiap Waktu demi menghindari serangan hacker.
  3. Lakukan update tema
    Pada panduan membuat blog WordPress, Anda juga disarankan untuk selalu mengupdate tema. Hal ini bisa dilakukan dengan memilih menu appearance lalu pilih menu tema yang ada pada dashboard.
  4. Pastikan untuk menghapus plugin yang yang tidak lagi digunakan
    Ketika sebuah plugin sudah lagi tidak digunakan, pastikan Anda selalu menghapus plugin tersebut. Dengan cara ini akan meminimalisir para hacker untuk meretas akun website Anda. Tindakan ini juga akan membantu kinerja WordPress supaya lebih cepat.
  5. Buatlah custom login
    Mungkin nantinya akan membantu untuk mengamankan website WordPress yang Anda miliki. Pasalnya, banyak hacker yang mampu meretas akun website ketika password yang digunakan sama nama untuk berbagai akun. Dengan cara ini, Anda juga berkesempatan untuk merubah link logout ataupun lost password.
  6. Lakukan backup secara berkala
    Tindakan backup memang harus dilakukan secara berkala untuk menghindari terjadinya fungsi yang tidak berjalan. Jika tidak dilakukan backup dan terjadi suatu kerusakan nantinya akan membutuhkan waktu lama untuk melakukan perbaikan. Proses backup itu sendiri bisa dilakukan melalui dua cara yaitu secara otomatis ataupun manual. Untuk cara manual akan memanfaatkan penyimpanan database mysqsedangkan untuk cara otomatis dilakukan dengan memasang plugin pada WordPress.

Itulah beberapa panduan membuat blog WordPress yang bisa dicoba. Disebutkan bahwa website WordPress ini bisa dibuat dengan sangat mudah dan bisa dipraktekkan oleh mereka yang profesional ataupun mereka yang masih awan. Dengan memanfaatkan WordPress, nantinya Anda bisa mengoptimasi sekaligus juga memonetisasi untuk mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Tips menulis Artikel SEO Friendly

Baca juga: Kumpulan Jenis Keris Tradisional yang Sangat Melegenda di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
WhatsApp chat